SELAMAT HUT KABUPATEN KARAWANG KE 381

SELAMAT HUT KABUPATEN KARAWANG KE 381

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Kita sebagai Warga Karawang akan memperingati Hari Jadi Kabupaten Karawang Ke - 381 yaitu tanggal 14 September 2014. 

Hari jadi Karawang tercantum dalam Piagam Pelat Kuningan Kandang Sapi Gede yaitu tanggal 10 Rabi’ul awal tahun 1043 H, atau bertepatan dengan tanggal 14 September 1633 Masehi atau Rabu tanggal 10 Mulud 1555 tahun jawa/saka dan kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Karawang berdasarkan hasil penelitian panitia sejarah yang dibentuk dengan Surat Keputusan Bupati Kepala Daerah Tingkat II Karawang nomor : 170/PEM/H/SK/1968 tanggal 1 Juni 1968 yang telah mengadakan penelitian dari pengkajian terhadap tulisan :
  1. Dr. Brandes dalam "Tyds Taal-land En Volkenkunde" XXVIII Halaman 352,355, menetapkan tahun 1633;
  2. Dr. R Asikin Wijayakusumah dalam "Tyds Taal-land En Volkenkunde" XXVIII 1937 AFL, 2 halaman 188-200 (Tyds Batavissc Genot Schap DL.77, 1037 halaman 178-205) menetapkan tahun 1633;
  3. Batu nisan makam panembahan Kiyai Singaperbangsa di Manggungjaya Kecamatan Cilamaya tertulis huruf latin 1633-1677;
  4. Babad Karawang yang ditulis oleh Mas Sutakarya menulis tahun 1633.
Dengan demikian secara tradisional setiap tanggal 14 September masyarakat dan Pemerintah Daerah memperingati sebagai "Hari Jadi Kabupaten Karawang". Bunyi Piagam Pelat Kuning Kandang Sapi Gede tentang sejarah Hari Lahirnya Karawang lengkapnya adalah sebagai berikut :
"Panget Ingkang piagem kanjeng ing Ki Rangga gede ing Sumedang kagadehaken ing Siastrawardana. Mulane sun gadehi piagem, Sun Kongkon anggraksa kagengan dalem siti nagara agung, kilen wates Cipamingkis, wetan wates Cilamaya, serta kon anunggoni lumbung isine pun pari limang takes punjul tiga welas jait. Wodening pari sinambut dening Ki Singaperbangsa, basakalatan anggrawahani piagem, lagi lampahipun kiayi yudhabangsa kaping kalih Ki Wangsa Taruna, ingkang potusan kanjeng dalem ambakta tata titi yang kalih ewu; dipunwadanahaken ing manira, Sasangpun katampi dipunprenaharen ing Waringipitu ian ing Tanjungpura, Anggraksa siti gung bongas kilen, Kala nulis piageming dina rebo tanggal ping sapuluh sasi mulud tahun alif. Kang anulis piagemmanira anggaprana titi".

Terjemahan dalam Bahasa Indonesia :
"Peringatan piagam raja kepada Ki Ranggagede di Sumedang diserahkan kepada Si Astrawardana. Sebabnya maka saya serahi piagam ialah karena saya berikan tugas menjaga tanah negara agung milik raja. Di sebelah Barat berbatas Cipamingkis, disebelah Timur berbatas Cilamaya, serta saya tugaskan menunggu lumbung berisi padi lima takes lebih tiga belas jahit. Adapun padi tersebut diterima oleh Ki Singaperbangsa. Basakalatan yang menyaksikan piagam dan lagi Kyai Yudhabangsa bersama Ki Wangsataruna yang diutus oleh raja untuk pergi dengan membawa 2000 keluarga. Pimpinannya adalah Kiayi Singaperbangsa serta Ki Wirasaba. Sesudah piagam diterima kemudian mereka ditempatkan di Waringinpitu dan di Tanjungpura. Tugasnya adalah menjaga tanah negara agung di sebelah Barat. Piagam ini ditulis pada hari Rabu tanggal 10 bulan mulud tahun alif. Yang menulis piagam ini ialah anggaprana, selesai."


DENGAN SEMANGAT HARI JADI KABUPATEN KARAWANG KE-381
KITA JADIKAN SEBAGAI MOMENTUM KEBERSAMAAN DALAM MEWUJUDKAN
PEMBANGUNAN DIBIDANG PENDIDIKAN, KESEHATAN, DAN
EKONOMI KERAKYATAN MENUJU MASYARAKAT YANG SEJAHTERA.

KAMI SEGENAP KELUARGA BESAR
KABUPATEN KARAWANG PROVINSI JAWA BARAT
NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA

MENGUCAPKAN SELAMAT

HARI JADI KABUPATEN KARAWANG KE - 381
14 September 1633 - 14 September 2014

SEMOGA DENGAN BERTAMBAHNYA USIA, PEMBANGUNAN DISEGALA BIDANG DI KARAWANG JUGA SEMAKIN MAJU SAMPAI KE PELOSOK DESA SERTA KESEJAHTERAAN DAN KEMAKMURAN MASYARAKATNYA SEMAKIN SEJAHTERA, AAMIIN.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.